Gaji UMR Tidak Bisa Punya Rumah? Pakai 5 Jurus Sakti Ini - Melania Credit Union

Gaji UMR Tidak Bisa Punya Rumah? Pakai 5 Jurus Sakti Ini

By Dian Rodiana | Artikel

Feb 03
dapat rumah gaji umr

Rumah adalah suatu kebutuhan bagi semua orang, bahkan terkadang banyak orang beranggapan bahwa memiliki rumah adalah salah satu tolok ukur kesuksesesan seseorang. Selain itu juga, rumah merupakan salah satu impian bagi orang orang yang mau merencanakan pernikahan, hal ini bertujuan untuk membuat keluarga tenang, tentram dan bahagia tanpa ada gangguan dari keluarga lain.

Maka dari itu alangkah baiknya bagi anda untuk segera membuat perencanaan keuangan yang bertujuan untuk membeli rumah sendri. Dan dengan anda membuat perencanaan keuangan membeli rumah, sekaligus anda sedang melatih tanggung jawab kita dan tidak tergantung kepada orang lain.

Namun, disaat anda mempunyai rencana untuk membeli rumah anda bingung karena gaji anda 3 juta per bulan,

Apakah Anda bisa membeli sebuah rumah? Harga berapa?
Pertanyaan-pertanyaan ini selalu menjadi pikiran bagi siapapun yang merencanakan untuk membeli rumah. Bahkan dalam sebuah penelitian, 5 tahun ke depan, atau tepatnya 2021, generasi milenial yang bekerja dan bermukim di Jakarta, terancam tidak bisa membeli dan memiliki rumah. Generasi milenial yang dimaksud adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1994.

Sebenarnya, jika Anda konsisten dalam membuat perencanaan keuangan, meskipun Anda harus membeli rumah secara kredit, Anda mampu melakukannya. Kebanyakan orang memiliki ekspektasi terhadap sebuah rumah yang sudah harus seperti ini, seperti itu tetapi kemampuan keuangan tidak ada.

Bagi anda dan para pekerja yang mempunyai gaji 3 juta per bulan, anda bisa membeli rumah yang harganya dibawah 130 juta. Melihat harga maksimal rumah yang akan anda beli, anda mungkin pesimis untuk membeli rumah sesuai impian. Cara yang paling mungkin bagi anda yang terkendala gaji 3 juta per bulan yaitu dengan cara membeli rumah yang bersubsidi, atau jika tidak ingin membeli rumah secara subsidi, Anda bisa juga menggunakan program Tabungan Perumahan (TAPERMA) dari MCU.

Program Tabungan Perumahan ini, melatih kita untuk membeli rumah sesuai dengan kemampuan kita. Memang benar jika kemampuan kita tidak ada maka bagaimana kita mendapatkan rumah? pertanyaannya yang kita balik, dengan kemampuan kita maka kita wujudkan menjadi sebuah rumah impian. Kalaupun Anda tidak ingin menggunakan produk program Tabungan Perumahan, Anda juga dapat memanfaatkan perumahan bersubsidi dari Pemerintah sebagaimana telah saya sampaikan di atas.

dengan cara:

Langkah Pertama

Buatlah target berapa lama lagi anda ingin memilikinya? Misalkan 2 tahun lagi rumah tersebut harus Anda dapatkan. Dengan adanya target Anda bisa membuat langkah-langkah dan juga memastikan bahwa keinginan dan cita-cita anda akan tercapai.
Jika Anda menggunakan program Tabungan Perumahan (TAPERMA), Anda lihat berapa kemampuan Anda untuk menabung selama 18 (delapanbelas) bulan. Misalnya Anda mampu menyisihkan 1 juta sebulan, maka nilai kredit yang dapat Anda dapatkan adalah senilai 69 juta rupiah.

Langkah Kedua

Hitung berapa uang yang harus Anda persiapkan selama 2 tahun untuk membayar uang muka(Down Payment). Misalkan dari pihak bank untuk kredit rumah harus ada DP 20%, maka selama 2 tahun Anda harus menyiapkan uang sebesar 26 juta (total harga rumah 130 juta dikali 20%). Ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan dan harus melaksanakannya dengan konsisten.

Jika Anda menggunakan program Tabungan Perumahan (TAPERMA), DP tersebut adalah sejumlah dana yang Anda tabungkan selama 18 bulan. Jadi DP tersebut tidaklah hilang seperti produk perbankan.

Langkah Ketiga

Anda harus menghitung berapa jumlah uang yang harus Anda tabung per bulan dengan jangka waktu 2 tahun. Caranya Anda tinggal menghitung 26 juta dibagi 24 bulan berarti uang yang harus Anda tabung sebesar 1.084 ribu per bulan. Setelah Anda mengetahui berapa jumlah uang yang harus anda simpan per bulan, Anda harus menganggarkan alokasi dana untuk menabung sejumlah 1.084.ribu setiap bulan.

Carilah produk tabungan yang minim biaya administrasinya, agar dana Anda tidak habis terkena potongan biaya administrasi. Saran saya, Anda dapat menggunakan Tabungan Melania yang merupakan salah satu produk unggulan MCU. Produk tabungan ini memiliki biaya administrasi yang rendah dengan bunga yang kompetitif.

Langkah Keempat

Carilah rumah yang sesuai dengan yang Anda rencanakan sebelumnya. Berapa harga rumahnya, Uang mukanya(DP) dan berapa cicilannya setiap bulan. Untuk Angsuran per bulan biasanya bank menghitung 30% dari gaji Anda, jadi Anda harus mencari yang angsuran per bulannya sebesar 900 ribu. Carilah rumah yang menurut Anda nyaman untuk ditempati jangan sampai Anda kecewa dengan rumah yang telah Anda beli. Setelah rumah tersebut Anda dapatkan maka langkah selanjutnya, membayarkan DP yang bersumber dari tabungan setiap bulannya tadi.

Terkadang di langkah ini, banyak sekali godaannya. Keinginan untuk membeli rumah dengan fasilitas mewah selalu mengaburkan rencana awal, bahkan kita seringkali lupa dengan kemampuan. Saya ingin menegaskan kembali, komitmen serta konsisten akan kemampuan keuangan Anda. Ingat, bahwa Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang akan Anda jalankan cukup panjang, mungkin 10 tahun lamanya. Jadi Anda harus berpikir dengan kesungguhan yang ada.

Langkah Kelima

Selamat menempati rumah Anda. Seluruh kerja keras dan komitmen Anda akan diuji melalui pembayaran angsuran setiap bulannya. Pada kondisi ini, saya menyarankan Anda untuk mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan Anda. Hal ini untuk membantu keuangan Anda. Mungkin saja pasangan Anda membuka usaha warungan atau apapun dilingkungan rumah Anda yang baru.

Menyimak dari kata-kata diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa setiap kita mempunyai impian ataupun keinginan semuanya pasti bisa asalkan kita mau dan konsisten dengan rencana dan langkah-langkah yang telah kita buat.

Semoga rumah yang telah anda impikan selama 2 tahun bisa bermanfaat dan menjadikan berkah buat anda dan keluarga.

Anda memiliki pertanyaan atau komentar? Silakan tuliskan di kolom komentar dibawah ini ya.

Follow

    About the Author

    Pria sejati tak suka kopi ataupun teh manis. Seorang ayah dengan seorang putra yang beranjak dewasa. Saat ini bertugas sebagai Penanggungjawab Kantor Cabang Ciwidey.