Sejarah Singkat Tentang MCU

tentang mcu

Sejarah Singkat Tentang MCU

Koperasi Kredit Melania sebelum tahun 2003 belum terdaftar sebagai lembaga berbentuk korporasi. Koperasi Kredit Melania atau disebut juga Melania Credit Union disingkat MCU berawal dari sebuah keprihatinan kepada warga gereja Paroki St. Melania. Gereja St. Melania merupakan salah satu gereja di Keuskupan Bandung. Saat itu Ketua Pemberdayaan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Bandung, Bapak V. Djoko Susilo bertemu dengan Bapak R.H.W. Silalahi yang merupakan Seksi PSE Paroki St. Melania. Melalui diskusi-diskusi secara informal yang terus menerus akhirnya diangkat dalam forum Dewan Pastoral Paroki St. Melania. Saat itu yang pertemuan dihadiri oleh Drs. Tarcisius Sukarni H.W. (Pengurus Puskopdit Jabar) dan juga Tarcisius Warhadi Hardjasemeru, OSC yang merupakan Pastur Paroki St. Melania.

Dalam forum tersebut diputuskan untuk mendirikan Koperasi Kredit (Credit Union) di lingkungan Paroki St. Melania. Pada rapat pertama, yang dihadiri oleh warga paroki yang berjumlah kurang lebih 50 orang, dipimpin oleh Bapak Ignatius Punto serta Sekretarisnya adalah Bapak V. Djoko Susilo.

Sejak rapat pertama, pelayanan hanya difokuskan pada hari Minggu setelah Misa ke-2 pukul 07.30-12.00 WIB, dengan berbekal kursi dan meja yang merupakan pinjaman dari SD Santa Melania, dilakukanlah pelayanan Simpan Pinjam. Semua sangat sederhana dan mengusung pelayanan kepada Anggota.

Ketua: Bapak Ignatius Punto
Sekretaris: Bapak V. Djoko Susilo
Bendahara: Bapak Ignatius Sutomo

Panitia Kredit:
1.Ibu Francisca Sugiarti
2.Ibu Sri Hartuti
3.Bapak R.H.W. Silalahi

Sedangkan Pengawas adalah:

Ketua: Bapak Ignatius Djaswadi
Anggota: Ibu Lien Pasaribu

Bapak Ignatius Punto tidak lama menjabat sebagai Ketua Pengurus, karena kesibukannya akhirnya digantikan oleh Bapak V. Djoko Susilo sebagai Ketua.
Pengurus dan Pengawas pada periode pertama ini berakhir pada tahun 1996.

Selama bertugas melayani operasional simpan pinjam, Pengurus juga dibantu oleh beberapa Anggota diataranya Ibu Ch. Sri Purwiyantini, Ibu M.M. Dwi Supraptiningsih dan Bapak Imam (RS Borromeus).

Periode Kepengurusan selanjutnya yaitu tahun 1996-2000, ditetapkan secara aklamasi dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Susunan Pengurus dan Pengawas Periode Masa Bakti Tahun 1996-2000 yaitu:

Ketua: Bapak V. Djoko Susilo
Wakil Ketua: Bapak Ignatius Amanto
Sekretaris: Bapak M. Sunarso Madiatmodjo
Bendahara I: Bapak Ignatius Sutomo
Bendahara II: Bapak F.X. Bambang Sunarno

Panitia Kredit:
1.Ibu Christina Sularsih
2.Ibu Bernadette Harianja
3.Bapak F.X. Tutarno

Sedangkan Pengawas adalah:
Ketua: Bapak Ignatius Djaswadi
Anggota: Bapak R.H.W. Silalahi

Tidak ada yang mengingat secara pasti kapan ditetapkan berdirinya Koperasi Kredit Melania, sehingga ditetapkanlah tanggal 12 Juli 1991, sebagai tanggal berdirinya Koperasi Kredit Melania (Melania Credit Union).

Pada tahun 2003, melalui Keputusan Pengurus, keanggotaan Koperasi Kredit Melania tidak hanya untuk warga Paroki St. Melania, namun terbuka umum untuk seluruh masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. Pengurus menilai pelayanan secara terbuka merupakan bagian dari visi untuk pemberdayaan masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan bergabungnya masyarakat untuk mendaftar keanggotaan dari daerah Gambung Pangkalan, Ciwidey pada tahun 2004 dan terus bertambah hingga saat ini.
Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menjadi basis penyebaran Anggota. Sampai dengan tahun 2008, Koperasi Kredit Melania memiliki 4 Kantor Cabang yang tersebar diwilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Sebagai korporasi berbentuk Koperasi, MCU hanya menjalankan bisnis inti berupa menghimpun dana dari Anggota dan Calon Anggota kemudian menyalurkan berupa pemberian fasilitas kredit kepada Anggota untuk peningkatan kesejahteraan Anggota serta masyarakat pada umumnya.

Dengan mengusung tata kelola koperasi yang baik dan benar, dukungan pengelolaan dana yang profesional, MCU melangkah pasti sebagai lembaga yang siap berkompetisi dalam mewujudkan Visi dan Misinya.