Rencanakan Masa Depan Anda Dan Keluarga

By Dian Rodiana | Artikel

Apr 21
masa depan

Banyak orang bilang masa depan ditentukan oleh hari ini. Anda setuju dengan pernyataan tersebut?

Ok guys… kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar masa depan kita lebih baik… Apakah masa depan anda ingin lebih baik? Pasti mau kan?…
Kalau begitu yuk kita lanjut bagaimana caranya agar masa depan Anda lebih baik dan apa-apa saja yang harus Anda lakukan…..

Semua orang pasti menginginkan masa depannya lebih baik! betul gak?….hehehe mana ada sih orang yang menginginkan masa depannya “SURAM”.

Nah… untuk membuat masa depan yang lebih baik yang harus Anda lakukan adalah Membuat Rencana Masa Depan.

Kenapa?… karena tanpa sebuah perencanaan tidak mungkin masa depan lebih baik bisa tercapai.
Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan dari masyarakat mereka hanya fokus bekerja baik itu kaum gaji, wiraswasta, petani dan juga kaum buruh dengan harapan semua kebutuhan dan keinginannya bisa tercapai.

Apakah itu salah?… saya rasa tidak! karena memang semua orang juga harapannya seperti itu.

Sebagai manuasia kita tidak tahu masa depan kita akan seperti apa, apakah akan sukses dengan mempunyai bekal dimasa tua nanti, bisa menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi dan bisa mensejahterakan keluarga atau malah mengalami kegagalan sehingga anak-anak putus sekolah dan masa depan kita menjadi sulit?

Kita sebagai manusia pasti akan mengalami masa tua, mungkin iya ketika usia masih muda dan masih kuat untuk bekerja disitu semangatnya masih tinggi, tenaganya masih gede dan harapannyapun masih besar.

Tetapi apakah itu akan selamanya?… pasti tidak! Kenapa? Karena suatu saat kita akan mengalami masa tua, dimana dimasa tersebut mungkin sudah tidak kuat untuk bekerja. Mungkin Anda pernah melihat baik di koran-koran, di tv dan bahkan dilingkungan sekitar banyak sekali orang yang sudah tua tapi memaksakan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya padahal secara fisik dia tidak mampu untuk melakukannya.

Nah selanjutnya bagaimana kita bisa menyusun rencana masa depan? Berikut adalah tips yang bisa Anda gunakan:

Tips Masa Depan Cerah

Buatlah Perencanaan

Jika Anda menginginkan masa depan yang lebih baik pastinya Anda harus membuat perencanaan dari sekarang karena tanpa perencanaan harapan kita hanya akan menjadi angan-angan belaka. Dalam tahap perencanaan sebelumnya Anda pikirkan dulu mengenai harapan-harapan apa saja yang ingin Anda raih di masa depan nanti. Contohnya ingin mempunyai tunjangan (tabungan) di hari tua, menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi, rencana buka usaha dll.

Atur Keuangan Anda

Dalam tahap ini Anda harus bisa mengatur keuangan Anda, jangan sampai pengeluaran Anda besar dan habis begituh saja. Ketika Anda mendapatkan gaji/upah maka buatlah pengalokasian dana untuk tunjangan masa tua, dana persiapan anak sekolah, persiapan buka usaha dll.

Untuk alokasi dana-dana yang tadi Anda bisa menyimpannya di bank atau lembaga keuangan non bank agar uang yang Anda simpan lebih aman sekaligus bertambah dari bunga simpanan. Oh iya… berbicara mengenai harapan masa depan yang lebih baik saya punya loh produk-produk yang bisa Anda gunakan seperti “TAMARA” tujuannya untuk merencanakan dana pensiun ataupun rencana jangka panjang,”STEP’S” tujuannya untuk mendidik putera puteri Anda supaya terbiasa menabung,”TABUNGAN MELANIA” tujuannya mengatur keuangan Anda agar tidak boros dan masih banyak lagi produk-produk yang bisa Anda manfaatkan.

Hehehe… sebagai info aja….. barangkali mau bareng-bareng membuat perencanaan untuk masa depan.

Mengubah Kebiasaan Yang Kurang Baik

Apabila Anda suka melakukan hal-hal yang kurang baik seperti pemborosan, berfoya-foya dengan teman, suka berbelanja barang yang sifatnya tidak dibutuhkan dll, maka itu semua harus Anda tinggalkan karena itu akan mengganggu perencanaan dan juga alokasi-alokasi dana yang sudah Anda angggarkan.

Jadi pada intinya disini Anda harus meninggalkan hal-hal yang kurang baik kemudian merubahnya untuk sebuah perencanaan dengan harapan memperoleh masa depan yang lebih baik.

Pelaksanaan

Satu hal lagi yang sangat penting adalah “pelaksanaan” karena sebaik apapun kita membuat perencanaan, seindah apapun kita membuatnya tanpa pelaksanaan semua harapan Anda tidak akan terjadi.

Apakah Anda ingin mempunyai masa depan yang lebih baik ? atau malah orang lain yang akan mewujudkannya?

Mulai sekarang buatlah rencana untuk menempuh masa depan yang lebih baik.

Ingat “MASA DEPAN, ADA DITANGAN ANDA SENDIRI”

Follow

About the Author

Pria sejati tak suka kopi ataupun teh manis. Seorang ayah dengan seorang putra yang beranjak dewasa. Saat ini bertugas sebagai Penanggungjawab Kantor Cabang Ciwidey.